About

Rabu, 11 September 2024

 

Materi Ajar Rabu, 11 September 2024

 

 besmele, #bismillah, #diniresimler, #hareketlibesmelegifleri,  #besmelegifleri, #yenigünebismillah | Arabic calligraphy, Allah 

Welcome to Grade VI A

 

day / Date:                 : Rabu, 11 September 2024

 

Lesson                      : Tematik

Tema 3                      :Tokoh dan Penemuan 

Subtema 2               :  Penemuan dan Manfaatnya

Pembelajaran           : 4

Muatan Pelajaran     : MTK (Kd. 3.5), PPKn (Kd. 3.2), Bahasa Indonesia (3.2)

Tujuan Pembelajaran :

1. siswa mampu menjelaskan dampak dari melaksanakan dan tidak melaksanakan tanggung jawab terhadap kewajiban dengan terperinci

 2. siswa mampu menulis informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemuan dan manfaatnya dengan menggunakan kalimat efektif dengan benar

3. siswa mampu menemukan perkiraan luas permukaan lingkaran dengan menggunakan model konkret dengan benar.


Apersepsi
Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 


Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 3 kemarin? 

bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang menghitung diameter lingkaran dan juga membuat rangkaian listrik paralel lampu lalu lintas sederhana.

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 4 di subtema 2, kita akan mempelajari tentang mengerjakan soal latihan menghitung diameter lingkaran dan juga menjelaskan dampak dari melaksanakan dan tidak melaksanakan tanggung jawab terhadap kewajiban dengan terperinci

 RINGKASAN MATERI

Amatilah gambar-gambar berikut. Apakah mereka sudah melaksanakan
kewajibannya dengan tanggung jawab?
Apa dampak dari yang mereka lakukan?  

 

 

Apa itu kalimat efektif?
Kalimat yang efektif mengungkapkan gagasan sehingga mudah dipahami.
Ciri-ciri kalimat efektif:
1. Hemat, tidak menuliskan kata yang bermakna sama
Para tamu-tamu duduk di kursi.
Perhatikan kata “para”. Apa makna dari kata “para”?
Perhatikan kata “tamu-tamu”. Apa makna dari kata “tamu-tamu”?
Kata “para” menunjukkan banyak dan “tamu-tamu” juga menunjukkan
tamu yang banyak. Kita dapat menghilangkan salah satu.
Efektif: Tamu-tamu duduk di kursi.
Efektif: Para tamu duduk di kursi.

DISKUSI KELOMPOK

 

1. Lihatlah gambar lingkaran di bawah ini!

Keliling bangun Lingkaran di atas adalah ….
a. 3,14 cm
b. 6,28 cm
c. 31,4 cm
d. 62,8 cm

2. Sebuah tutup gelas berbentuk lingkaran dengan panjang jari jari 7 cm. Maka luas tutup gelas tersebut adalah …. cm².
a. 22 cm²
b. 44 cm²
c. 154 cm²
d. 616 cm² 

 

 

Kesimpulan

alhamdulillah pembelajaran hari ini kalian dapat melaksanakan dengan baik. Kalian sudah belajar tentang menghitung keliling dan luas lingkaran melalui soal dengan rumus

 L = π x r² atau L = 1/4 x π x d² (lingkaran penuh)

 L = 1/2 x π x r² atau L = 1/2 x π x d (setengah lingkaran)

 rumus keliling lingkaran adalah 2 x π x r.

dan juga menemukan kalimat efektif dari lembar kerja yang diberikan oleh gurumu.

 Alhamdulilah kelas 6A dengan jumlah siswa 24, 22 siswa paham terhadap materi yg disampaikan mengenai dampak dari melaksanakan dan tidak melaksanakan tanggung jawab terhadap kewajiban, menulis informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemuan dan manfaatnya dengan menggunakan kalimat efektif dengan benar dan menemukan perkiraan luas permukaan lingkaran. 2 siswa belum paham materi menemukan perkiraan luas permukaan lingkaran dan akan diberikan jam tambahan untuk memahami materi tersebut.

 

Penutup

besok kita akan mempelajari pembelajaran 5, tetap semangat belajar dan wasslamualaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Materi Ajar, kamis 21 November 2024 ( Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 6)   W elcome to Grade VIA   day / Date:                    : kamis 19...