About

Senin, 26 Februari 2024

 

materi ajar Senin 26 Februari 2024

  Welcome to Second Semester TP. 2023/2024

day / Date : Senin 26  Februari 2024


 Lesson : Tematik

Tema 8 : Bumiku

Subtema 1 : perbedaan waktu & pengaruh nya

Pembelajaran : 5 dan 6

Muatan Pelajaran :

IPA : 3.8 Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari.

Bahasa Indonesia : 3.7 Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya berdasarkan membaca judulnya)

PPKN : 3.2 Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.

SBDP : 3.2 Memahami interval nada

Tujuan pembelajaran

1. siswa mampu menjelaskan tentang peristiwa revolusi bumi dan dampaknya pada perubahan musim di bumi.

2. Dengan menyanyikan lagu “Desaku yang Kucinta”, siswa mampu memahami interval nada dan meningkatkan kepercayaan diri untuk tampil di depan kelas.

3. siswa mampu memahami dampak pelaksanaan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan.

 Apersepsi


Good morning soleh solehah kelas VIB di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

Saranghayuuu - Doa sebelum belajar 😊 | Facebook 

Alhamdulillah kemarin di kita sudah belajar mengenai pembelajaran 3 & 4 tentang rotasi bumi dan revolusi bumi.

Perhatikan video pembelajaran berikut ini


Pada bulan-bulan tertentu, curah hujan sangat tinggi. Namun, pada bulan lainnya hujan, hampir tidak pernah terjadi. Mengapa demikian? Ayo, kita cari tahu.

 

Bacalah fakta-fakta sains dari gambar di atas!
1. Bumi membuat sebuah jalur atau orbit berbentuk elips saat mengelilingi
Matahari yang disebut revolusi.
2. Jalur atau orbit ini ditempuh dalam waktu satu tahun untuk satu putaran.
3. Selama setahun, belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan secara
bergantian menghadap dan membelakangi Matahari sehingga terjadi
perbedaan musim.

4. Akibat revolusi Bumi terhadap Matahari, negara yang berada di belahan Bumi utara dan selatan setiap 3 bulan sekali mengalami perubahan musim. Kanada terletak di belahan bumi utara, sebaliknya Argentina terletak di belahan Bumi selatan. Pada saat matahari memanasi Bumi bagian selatan, Argentina mengalami musim panas. Sebaliknya, negara yang terletak di belahan Bumi utara seperti Kanada mengalami musim dingin.

1. Buatlah orbit Bumi berbentuk elips (seperti gambar) dan Matahari sebagai

titik tengahnya di lapangan sekolahmu!

2. Gunakan bola dunia dan senter untuk membantu!

3. Siswa yang berada di tengah memegang senter dan berperan sebagai

Matahari.

4. Satu siswa lainnya memegang globe dan berperan sebagai Bumi.

5. Siswa yang menjadi Bumi akan mengelilingi Matahari sesuai orbit yang dibentuk sambil memutar bola dunia yang dibawanya. Siswa dapat pula

berputar seperti bola dunia yang dipegangnya.

6. Cara berputar seperti terlihat pada gambar (berlawanan dengan arah

jarum jam).

7. Saat berpindah dari satu titik ke tiga titik lainnya, jelaskanlah musim yang

sedang terjadi di belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan!


• Perhatikan juga posisi siswa yang berputar (Bumi) terhadap senter

(Matahari).

• Apakah jarak teman yang menjadi Bumi dan temanmu yang menjadi

Matahari selalu sama?

Ukurlah jarak A dari keempat titik, yaitu B1, B2, B3, dan B4.

Tuliskan hasil pengukuran jarakmu pada tabel di bawah ini! 

Revolusi Bumi menyebabkan Matahari tampak bergeser ke arah belahan Bumi

utara dan selatan. Padahal sesungguhnya, Matahari tidak bergerak. Peristiwa

ini disebut sebagai gerak semu tahunan Matahari. 



Keadaan Alam Indonesia


Indonesia memiliki lebih dari ribuan pulau. Pulau terpadat penduduknya

adalah Pulau Jawa. Lebih dari setengah (65%) penduduk Indonesia hidup di

Pulau Jawa. Indonesia memiliki 5 pulau besar, yaitu Jawa, Sumatra, Kalimantan,

Sulawesi, dan Papua. Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung api. Sekitar 130

di antaranya termasuk gunung api aktif. Sebagian dari gunung api terletak di

dasar laut dan tidak terlihat di permukaan laut. Indonesia merupakan tempat

pertemuan dua rangkaian gunung api aktif. Selain itu, terdapat puluhan patahan aktif di wilayah Indonesia.

Indonesia mempunyai iklim tropik basah yang dipengaruhi oleh angin

muson barat dan muson timur. Dari bulan November hingga Mei, angin bertiup


dari arah barat laut. Angin ini membawa banyak uap air sehingga pada bulan-

bulan tersebut Indonesia mengalami musim hujan. Bulan Juni hingga Oktober,


angin bertiup dari tenggara. Angin ini bersifat kering sehingga pada bulan-

bulan tersebut, Indonesia mengalami musim kemarau.


Suhu udara di dataran rendah Indonesia berkisar antara 23° Celsius sampai

28° Celsius sepanjang tahun. Namun, suhu juga sangat bervariasi. Rata-rata

mendekati 40° Celsius pada musim kemarau di lembah Palu, Sulawesi dan

di Pulau Timor. Suhu di bawah 0° Celsius di Pegunungan Jaya Wijaya, Papua.

Terdapat salju abadi di puncak-puncak pegunungan di Papua,seperti puncak

Trikora (G.Wilhelmina, 4.730 m) dan Puncak Jaya (G. Carstenz, 5.030 m).

Curah hujan di Indonesia rata-rata 1.600 milimeter setahun. Daerah

dengan curah hujan rata-rata tinggi sepanjang tahun adalah Aceh, Sumatra

Barat, Sumatra Utara, Riau, Jambi, Bengkulu, sebagian Jawa Barat, Kalimantan

Barat, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Delta Memberamo di Papua.


Bacaan di atas merupakan contoh sebuah teks nonfiksi.

Apakah kamu tahu pengertian teks nonfiksi?


50 Buku Siswa SD/MI Kelas VI

Karangan Nonfiksi

Karangan nonfiksi ialah karangan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau

peristiwa yang benar-benar terjadi. Tulisan nonfiksi biasanya berbentuk tulisan

ilmiah dan ilmiah populer, laporan, artikel, feature, skripsi, tesis, desertasi,

makalah, dan sebagainya.

Perbedaan antara fiksi dan nonfiksi terletak pada masalah faktual atau

tidak, imajiner atau tidak. Perbedaan antara keduanya sama sekali tidak ada

hubungannya dengan gaya bahasa atau apa pun selain masalah fakta atau

khayalan. 

Karangan nonfiksi berusaha mencapai taraf objektivitas yang tinggi, berusaha

menarik, dan menggugah nalar (pikiran) pembaca. Bahasa karangan nonfiksi

bersifat denotatif dan menunjukkan pada pengertian yang sudah terbatas

sehingga tidak bermakna ganda.

Nonfiksi dibagi menjadi 2 seperti berikut.

1. Nonfiksi murni berisi pengembangan berdasarkan data-data yang autentik.

2. Nonfiksi kreatif berawal dari data autentik kemudian dikembangkan sesuai

imajinasi penulisnya yang pada umumnya dalam bentuk novel, puisi, prosa.

tugas kelompok.

Dari Teks nonfiksi berjudul “Keadaan Alam Indonesia”, sajikan informasi

penting yang kamu temukan dalam format berikut!

 
refleksi & evaluasi
pelajaran hari ini kita telah mempelajari tentang keadaan alam indonesia dan perubahan musim di bumi ini. terdapat 2 orang siswa yang masih belum memahami materi ini dikarenakan tidak hadir.

kesimpulan
kita telah belajar tentang teks non fiksi serta perubahan musim yang terjadi di indoonesia.

penutup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Materi Ajar, kamis 21 November 2024 ( Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 6)   W elcome to Grade VIA   day / Date:                    : kamis 19...