Tema/Subtema/Pembelajaran : 1(pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup)/ 2(Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia)/ 1 dan 2
Alat peraga : Video , Gambar
RINGKASAN MATERI
Assalamu'alaikum,
Good morning my students.
How are you this morning? Semoga semua dalam keadaan sehat ya.
Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu ya, agar Allah senantiasa melancarkan pembelajaran kita hari ini.
Untuk hari ini kita masuk ke tema 1 subtema 2 pembelajaran 1 dan 2
Sebelum kita mulai anak soleh soleha bisa menyimak vidio pembelajaran dibawah ini:
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Mengidentifikasi ciri-ciri pertumbuhandanperkembangan manusia.
2. Membuat pertanyaan untuk mewawancarai orang tua.
3. Berlatih menari dengan gerakan lambat pada tangan.
4. Berlatih menyelesaian soal penjumlahantanpa teknikmenyimpan.
5. Menuliskan sikap baik dalam menerima perbedaan.
MATERI
PertumbuhandanPerkembanganManusia
Manusia merupakan salah satu makhluk hidup.
Manusia memiliki ciri-ciri yang sama dengan makhluk hidup lain.
Salah satu ciri makhluk hidup adalah mengalami pertumbuhan dan perkembangan.
Pertumbuhan manusia terjadi sejak didalamkandungan.Setelah lahir,pertumbuhan manusia bertambah besar daribayi hingga dewasa.setelah dewasa pertumbuhan manusia berhenti. Namun,perkembangan
Emosi dan pikiran manusia terusberkembang. Pertumbuhandan perkembangan dipengaruhibeberapafaktor.
Mari kita pelajari faktor-faktor yangmempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia.
Bahasa Indonesia
Kekuatan tangan manusia juga mengalamiperkembangan.Contohnya seperti yang terlihatpada gambar.Edo saat masih kecil kesulitan untuk memegang botol susu.Akan tetapi,setelah Tubuh Edo bertambah besar dan kuat Edo dengan mudah dapat memegang tempat minum yang lebih berat dari botol susu.
SBdP
• Kuat dan lemah tenaga jugadigunakan dalammelakukan gerak tangan pada sebuah tarian.
• Siswa berlatih menunjukkan gerakan tangan sedang mendorong meja.
• Lalu siswa mencoba menunjukkan gerakan tangan saat memegang kapas.
• Minta mereka menjelaskan perbedaan keduanya.
• Simpulkan secara bersama-sama bahwa gerakan kuatadalah gerakan seperti mengangkat suatu beban. Daya mengangkat tangan dengan penuh tekanan.
• Siswa berlatih mempraktikkan gerak lemah dan kuat dalam sebuah tarian.
Matematika
• Siswa mengingat kembali cara penyelesaian soalpenjumlahan.
• Siswa mengamati penjelasan tentang cara penyelesaian soal penjumlahan dengan nilai bilangan ribuan.
• Siswa dikenalkan dengan cara penjumlahan dengan teknik menyimpan
PKn
Menghargai Perbedaan
• Perubahan tinggi dan berat badan manusia berbeda-beda. Kekuatan manusia juga berbeda-beda. Perubahan tinggi dan berat badan serta kekuatan adalah contoh pertumbuhan danperkembangan manusia.
•
• Tuhanmenciptakanberbagaimacammakhlukhidupberbeda-beda.PerbedaaniniadalahkaruniaTuhan.Kitaharussalingmenghargaidan menghormatiperbedaan.
• SikapsalingmenghormatiantarsesamatermasukpengamalansilakeduaPancasila
• Kemanusiaanyangadildanberadab
LambanginimenunjukkanbahwabangsaIndonesiasangatmenjunjungtingginilai-
Nilaikemanusiaan.Salingmenghormati,salingmenyayangi,danjugamemperlakukanmanusialainnyadenganbaik
SOAL LATIHAN
1 ….. usiaku saat pertama kali merangkak?
Kata tanya yang tepat untuk melengkapi pertanyaan di atas adalah?
A. Berapakah
B. Siapakah
C. Kapankah
2. Gerakan pertama adalah mengangkat tangan kanan lalu tangan kiri. Angkat tangan seperti mengangkat beban . Gwrakan ini merupakan contoh gerakan?
a. lemah
B. Kuat
c . Sedang
3. 2.719 + 1.120 = …….
a. 3839 b. 3889 c.3738
4. Kamu melihat temanmu kesulitan membawa barang yang berat. Sikap yang akan kamu lakukan adalah?
a .a. Membiarkannya b. melihatnya c. membantunya
5. Saling menghormati dan menyayangi merupakan contoh penerapan sila pancasila yang lambangnya rantai emas yang berbunyi?
a. Kemanusiaan yang adil dan beradap
b. Ketuhanan yang maha esa
c. pesatuan indonesia
Waalaikumsalam wr wb , terimakasih.. tetap semangat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar