About

Kamis, 25 Februari 2021

Kamis, 25 Februari 2021

   

APERSEPSI

Kemarin kita sudah belajar mengenai cara merawat tumbuhan , membuat bunga dari kertas tissu dan membagi bilangan satuan berat

MATERI AJAR


Hari/Tanggal : Kamis , 25 Februari 2021

Kelas/Semester : II(Dua) / 2

Tema 6 : Merawat Hewan dan Tumbuhan 

Sub Tema 4 : Merawat Tumbuhan

Pembelajaran : 5


FOKUS PEMBELAJARAN : B.Indonesia, Pkn


TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan membaca teks tentang merawat tanaman di sekolah, siswa dapat menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

2. Dengan berdiskusi tentang menaati peraturan di sekolah, siswa dapat melakukan kegiatan sesuai aturan di sekolah.

3. Dengan mengamati gambar tentang gerak meliuk, siswa dapat menjelaskan prosedur gerak menekuk sesuai ketukan dengan benar.

4. Dengan menirukan gerakan meliuk, siswa dapat mempraktikkan prosedur gerak meliuk sesuai ketukan dengan benar.

5. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan penggunaan tanda tanya dengan benar.

6. Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat membaca kalimat tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat.


VIDEO PEMBELAJARAN 

https://www.youtube.com/watch?v=zL1lMlBzAVU

RINGKASAN MATERI



Di halaman sekolah siti, terdapat banyak tanaman.

Tanaman itu dirawat dengan baik oleh tukang kebun sekolah.

Setiap siswa mendapat tugas merawat tanaman di dalam pot yang terdapat di dekat kelas.

Siti, beni, dan dayu sedang mengamati tukang kebun bekerja.


AYO MEMBACA


Bacalah percakapan berikut dengan intonasi yang tepat.

Beni : permisi, pak. Apa yang sedang bapak kerjakan?

Tukang kebun  :  bapak sedang mencabuti rumput liar disekitar tanaman nak.

Siti : mengapa rumput liar harus dicabuti, pak?

Tukang kebun :  rumput liar harus dicabuti supaya tidak mengganggu pertumbuhan tanaman disekitarnya

Dayu :  bagaimana cara agar rumput liar tidak tumbuh lagi pak

Tukang kebun :  caranya, cabutlah rumput liar hingga ke akarnya.

Beni : bolehkah kami membantu, pak?

Tukang kebun :  boleh, beni. Jangan lupa cuci tanganmu setelah selesai.

Siti, beni, dan dayu : baik, pak.


1. Kata tanya apa saja yang digunakan dalam percakapan di atas? Mengapa dan bagaimana

2. Kata tanya apakah yang digunakan untuk menanyakan sebab dan alasan? mengapa

3. Kata tanya apakah yang digunakan untuk menanyakan cara? Bagaimana


AYO BERLATIH


Isilah titik-titik pada kalimat tanya berikut, dengan kata tanya mengapa dan bagaimana. Gunakan huruf tegak bersambung!

1.Mengapa tanaman harus disiram secra teratur?

2.Bagaimana cara merawat tanaman tomat?

3.Bagaimana cara menyiram tanaman yang baik?

4.Mengapa tanaman membutuhkan sinar matahari?

5.Mengapa tanaman harus diberi pupuk?




AYO BERDISKUSI


Setiap siswa kelas 2 ditugaskan untuk merawat tanaman yang ada di sekolah.

Hal itu dilakukan di pagi hari sebelum masuk kelas. Siti dan Beni ditugaskan pada hari Senin.

Dayu dan Lani ditugaskan pada hari Selasa. Lina dan Niko ditugaskan pada hari rabu. Pada hari Rabu, Niko datang terlambat.Lina harus mengerjakan tugasnya sendirian.


1. Bagaimana pendapatmu mengenai Niko yang terlambat? Berusaha untuk hari berikutnya tidak dating terlambat

2. Apakah yang dilakukan Niko sesuai dengan tata tertib?diberi teguran

3. Apa yang terjadi jika Niko datang tepat waktu? Lani tidak akan mengerjakan sendirian

4.Apa yang akan kalian lakukan jika ada teman kalian yang melakukan hal seperti Niko? ditegur

TUGAS

Mengerjakan modul tematik halaman halaman 45 Pkn dan halaman 46 Bahasa Inonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Materi Ajar, kamis 21 November 2024 ( Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 6)   W elcome to Grade VIA   day / Date:                    : kamis 19...