APERSEPSI
Kemarin kita sudah belajar mengenai cara merawat tumbuhan , membuat bunga dari kertas tissu dan membagi bilangan satuan berat
MATERI AJAR
Hari/Tanggal : Kamis , 25 Februari 2021
Kelas/Semester : II(Dua) / 2
Tema 6 : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 4 : Merawat Tumbuhan
Pembelajaran : 5
FOKUS PEMBELAJARAN : B.Indonesia, Pkn
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca teks tentang merawat tanaman di sekolah, siswa dapat menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
2. Dengan berdiskusi tentang menaati peraturan di sekolah, siswa dapat melakukan kegiatan sesuai aturan di sekolah.
3. Dengan mengamati gambar tentang gerak meliuk, siswa dapat menjelaskan prosedur gerak menekuk sesuai ketukan dengan benar.
4. Dengan menirukan gerakan meliuk, siswa dapat mempraktikkan prosedur gerak meliuk sesuai ketukan dengan benar.
5. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan penggunaan tanda tanya dengan benar.
6. Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat membaca kalimat tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat.
VIDEO PEMBELAJARAN
https://www.youtube.com/watch?v=zL1lMlBzAVU
RINGKASAN MATERI
Di halaman sekolah siti, terdapat banyak tanaman.
Tanaman itu dirawat dengan baik oleh tukang kebun sekolah.
Setiap siswa mendapat tugas merawat tanaman di dalam pot yang terdapat di dekat kelas.
Siti, beni, dan dayu sedang mengamati tukang kebun bekerja.
AYO MEMBACA
Bacalah percakapan berikut dengan intonasi yang tepat.
Beni : permisi, pak. Apa yang sedang bapak kerjakan?
Tukang kebun : bapak sedang mencabuti rumput liar disekitar tanaman nak.
Siti : mengapa rumput liar harus dicabuti, pak?
Tukang kebun : rumput liar harus dicabuti supaya tidak mengganggu pertumbuhan tanaman disekitarnya
Dayu : bagaimana cara agar rumput liar tidak tumbuh lagi pak
Tukang kebun : caranya, cabutlah rumput liar hingga ke akarnya.
Beni : bolehkah kami membantu, pak?
Tukang kebun : boleh, beni. Jangan lupa cuci tanganmu setelah selesai.
Siti, beni, dan dayu : baik, pak.
1. Kata tanya apa saja yang digunakan dalam percakapan di atas? Mengapa dan bagaimana
2. Kata tanya apakah yang digunakan untuk menanyakan sebab dan alasan? mengapa
3. Kata tanya apakah yang digunakan untuk menanyakan cara? Bagaimana
AYO BERLATIH
Isilah titik-titik pada kalimat tanya berikut, dengan kata tanya mengapa dan bagaimana. Gunakan huruf tegak bersambung!
1.Mengapa tanaman harus disiram secra teratur?
2.Bagaimana cara merawat tanaman tomat?
3.Bagaimana cara menyiram tanaman yang baik?
4.Mengapa tanaman membutuhkan sinar matahari?
5.Mengapa tanaman harus diberi pupuk?
AYO BERDISKUSI
Setiap siswa kelas 2 ditugaskan untuk merawat tanaman yang ada di sekolah.
Hal itu dilakukan di pagi hari sebelum masuk kelas. Siti dan Beni ditugaskan pada hari Senin.
Dayu dan Lani ditugaskan pada hari Selasa. Lina dan Niko ditugaskan pada hari rabu. Pada hari Rabu, Niko datang terlambat.Lina harus mengerjakan tugasnya sendirian.
1. Bagaimana pendapatmu mengenai Niko yang terlambat? Berusaha untuk hari berikutnya tidak dating terlambat
2. Apakah yang dilakukan Niko sesuai dengan tata tertib?diberi teguran
3. Apa yang terjadi jika Niko datang tepat waktu? Lani tidak akan mengerjakan sendirian
4.Apa yang akan kalian lakukan jika ada teman kalian yang melakukan hal seperti Niko? ditegur
TUGAS
Mengerjakan modul tematik halaman halaman 45 Pkn dan halaman 46 Bahasa Inonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar